Halo gan, selamat menikmati blog saya .. SALAM GALAU!!? :)
Something you might want to know about us.
Don't be hesitated to contact us if you have something to say.

Wow! Game dakonan asli indonesia, bernuansa batik di www.DAKONAN.com

| | Thursday, October 6, 2011
|


Dakon atau Congklak adalah sebuah permainan tradisional yang terkenal di Indonesia (seperti Jawa dan Sumatera). Umumnya permainan dakon ini dimainkan oleh anak-anak sebagai permainan sehari-hari. Permainan dakon sendiri dikenal sebagai permainan khas yang cara bermainnya menggunakan biji kecik (biji sawo). Sebuah papan Dakon memiliki 16 lubang diantaranya 14 lubang kecil dan 2 lubang lumbung/rumah.
Bermain dakon dilakukan dengan cara mengambil semua biji yang terdapat pada lubang kecil yang di inginkan untuk disebar satu biji per lubang berurutan ke arah lumbung / rumah masing-masing dan langkah tersebut dilakukan berulang.

Apabila pada lubang terakhir, lubang tersebut masih ada isinya (lubang tersebut tidak kosong) maka pemain tersebut harus melanjutkan permainan dengan cara mengambil semua biji yang terdapat pada lubang tersebut. Apabila peletakan biji terakhir berada pada lubang yang kosong maka pemain tidak dapat melanjutkan langkah , selanjutnya giliran permainan beralih ke lawan.

Permainan dianggap selesai bila sudah tidak ada lagi yang dapat diambil (seluruh biji berada ada di lubang besar / lumbung kedua pemain) dan pemenangnya adalah yang mendapatkan biji terbanyak. Yang mau coba langsung aja kunjungi www.dakonan.com . (RR)

0 comments:

Post a Comment

 

Anda Pengunjung ke

Powered By Blogger