Halo gan, selamat menikmati blog saya .. SALAM GALAU!!? :)
Something you might want to know about us.
Don't be hesitated to contact us if you have something to say.

Heboh, Arkeolog Temukan Baterai Jaman Mesopotamia

| | Tuesday, October 11, 2011
|



Peradaban barat mengenai penemuan baterai yang pertama adalah Alessandro Volta pada tahun 1800. Namun siapa sangka sebuah temuan arkeologi di pinggiran Kota 1001 Malam itu bisa mengejutkan.
Para Arkeolog pada tahun 1938 benda mirip vas atau kendi yang kemudian diberi julukan Baterai Baghdad. Kendi ini setelah direka ulang ternyata bisa berfungsi sebagai penghasil listrik sebesar 1,2 sampai 2 volt seperti layaknya baterai. Kendi tersebut merupakan artefak jaman Mesopotamia, yang diperkirakan dibuat pada periode partian atau sasanid, sekitar 2000 tahun sebelum baterai volta ditemukan.

Sementara disimpulkan, bahwa baterai kendi itu bukan digunakan sebagai sumber energi, namun hanya dipakai alat hiburan semata, seperti mainan. Baterai kuno ini sebenarnya menyimpan misteri, siapa pembuatnya dan apa sesungguhnya tujuan pembuatannya.

Baterai kendi ini terdiri dari kendi atau vas sebagai rumah (casing). Sedangkan didalam kendi tersebut berisi cairan elektrolit, tabung tembaga yang juga berisi elektrolit, batang besi untuk menghantarkan listrik dan aspal sebagai sumber kendi.[osserem]





0 comments:

Post a Comment

There was an error in this gadget
 
There was an error in this gadget

Anda Pengunjung ke