Halo gan, selamat menikmati blog saya .. SALAM GALAU!!? :)
Something you might want to know about us.
Don't be hesitated to contact us if you have something to say.

Gamer Bantu Ilmuwan Temukan 2 Planet Baru

| | Friday, September 30, 2011
|

 
Ilustrasi (Foto: Dok okezone)

CALIFORNIA - Program evolusi dari permainan Planet Hunters telah menunjukan gamer berpartisipasi membantu peneliti untuk menemukan dua planet baru secara potensial yang terletak di luar tata surya.
Planet Hunters sebuah permainan yang dirancang oleh University of Oxford dan Yale University, dengan bekerjasama pada sejumlah organisasi lainnya yang berfokus pada eksplorasi ruang angkasa dan menggunakan data dalam arsip publik dari teleskop ruang angkasa Kepler.

Pemain bisa melihat data dan kemudian melacak cahaya yang dipancarkan saat memulai permainan ini.

Ketika bintang sedikit redup yang mungkin berarti bahwa planet bergerak melintasi wajah pemain dan jika pengamatan ini dikonfirmasi, kemudian para ilmuwan dapat melihat lebih dekat pada fenomena tersebut dan melihat apakah di sana benar-benar ada sesuatu.

Ada lebih dari sekira 150 ribu kandidat bintang yang bisa menjadi planet, seperti yang dipantau teleskop Kepler. Ilmuwan todak memiliki sumber daya untuk mengamati pergerakan mereka semua, sehingga tugas untuk memantau hal ini diberikan kepada para gamer yang bersedia melakukannya, melalui sebuah permainan. Demikian seperti dikutip Softpedia, Jumat (30/9/2011).

Hadiah akan diberikan hanya bagi gamer yang temuannya diakui dan dikirim ke Royal Astronomical Society.

"Planet Hunters merupakan proyek ilmu pengetahuan baru bagi warga, yang dirancang untuk melibatkan masyarakat dalam pencarian planet dengan menggunakan data publik yang dirilis Kepler NASA", ungkap laporan resmi pembuat Planet Hunters.

"Pada bulan pertama setelah peluncurannya, pengguna mengidentifikasi dua kandidat planet baru yang dinyatakan positif," tambah laporan itu. (tyo)


0 comments:

Post a Comment

 

Anda Pengunjung ke

Powered By Blogger