Halo gan, selamat menikmati blog saya .. SALAM GALAU!!? :)
Something you might want to know about us.
Don't be hesitated to contact us if you have something to say.

RISC ( Reduced Instruction Set Computers) dan CISC (Complex Instruction Set Computer)

| | Sunday, November 6, 2011
|


Which one is better?

Sekarang ini topic yang cukup popular di internet adalah RISC vs CISC. Dimana Setiap kali Intel (CISC) atau Apple (RISC) memperkenalkan CPU baru, topik ini kembali muncul. Tetapi apakah metode CISC dan RISC tepat dan apa salah satu dari mereka benar-benar lebih baik? Pada Artikel ini akan mencoba menjelaskan secara sederhana apa RISC dan CISC itu dan apa yang bisa membawa kedua metode itu ke masa depan.

1. CISC

CISC diucapkan dengan sisk dan merupakan singkatan dari  Complex Instruction Set Computer. Penggunaan CPU pada PC kebanyakan berdasarkan arsitektur ini. Misalnya Intel dan AMD CPU didasarkan pada arsitektur CISC. Biasanya chip CISC memiliki sejumlah instruksi yang berbeda dan kompleks. Filosofi dibalik itu adalah bahwa hardware selalu lebih cepat dari pada perangkat lunak, maka salah satunya harus membuat set instruksi yang kuat, yang menyediakan programmer dengan petunjuk perakitan untuk melakukannya dengan program singkat. Dalam chip CISC adalah relatif lambat (dibandingkan dengan chip RISC) per instruksi, tetapi menggunakan sedikit (kurang dari RISC) instruksi.

2. RISC

RISC diucapkan dengan risk dan merupakan singkatan dari Reduced Instruction Set Computer. Chip RISC berkembang pada pertengahan tahun 1980 sebagai reaksi terhadap chip CISC. Filosofi dibalik itu adalah bahwa hampir tidak ada yang menggunakan instruksi bahasa assembly (rakitan) yang kompleks seperti yang digunakan oleh CISC, dan sebagian besar orang menggunakan compiler yang tidak menggunakan instruksi yang kompleks. Apple menggunakan chip misalnya RISC.
Oleh karena itu akan terlihat lebih baik, lebih sederhana dan lebih cepat instruksi RISC, dari pada yang besar, kompleks dan lambat instruksi seperti CISC. Keuntungan lain dari RISC adalah bahwa dalam teorinya “karena petunjuk lebih sederhana”, chip RISC membutuhkan lebih sedikit transistor, yang membuat pengembang lebih mudah untuk merancang dan lebih murah untuk memproduksi. Pada akhirnya, lebih mudah untuk mengoptimalkan kompiler, karena ada instruksi yang lebih sedikit.
3. RISC vs CISC

Masih ada kontroversi di antara para ahli tentang arsitektur mana yang   lebih baik. Beberapa orang mengatakan bahwa RISC lebih murah dan lebih cepat dan akan menjadi arsitektur masa depan. Lain halnya bahwa dengan membuat perangkat keras yang sederhana, RISC menempatkan suatu beban yang lebih besar pada perangkat lunak. Perangkat Lunak yang dibutuhkan akan menjadi lebih kompleks. Pengembang perangkat lunak perlu menulis baris lagi untuk tugas yang sama. Oleh karena itu mereka berpendapat bahwa RISC tidak akan menjadi arsitektur di masa depan, karena chip CISC konvensional menjadi lebih cepat dan lebih murah pula.
RISC sekarang telah ada lebih dari 10 tahun dan belum dapat menendang CISC keluar dari pasar. Jika kita melihat pasar PC, workstation dan server kira-kira paling tidak 75% prosesor didasarkan pada arsitektur CISC. Sebagian dari mereka standar x86 (Intel, AMD, dll), bahkan di bagian mainframe CISC sangat dominan melalui chip IBM/390 CISC. Apakah RISC itu benar-benar tidak lebih baik? Jawabannya adalah tidak sesederhana itu. RISC dan CISC arsitektur menjadi lebih dan lebih serupa. Sekarang chips RISC sudah mendukung banyak seperti instruksi chip CISC sebelumnya. Misalnya PowerPC 601, mendukung instruksi lebih dari Pentium. Namun 601 dianggap sebagai chip RISC, sedangkan Pentium jelas CISC. Selanjutnya CISC sekarang sudah menggunakan banyak teknik yang sebelumnya terkait dengan chip RISC. Jadi RISC dan CISC tumbuh satu sama lain. 
4. x86

Salah satu faktor penting juga bahwa standar x86, seperti yang digunakan oleh Intel dan AMD, didasarkan pada arsitektur CISC. X86 adalah standar untuk rumah berbasis PC. Windows 95 dan 98 tidak akan dijalankan pada platform lainnya. Oleh karena itu perusahaan seperti AMD dan Intel tidak akan meninggalkan pasar x86 bahkan jika RISC lebih kuat.
Sejak x86 menjadi persaingan pasar dengan harga rendah, bahkan lebih rendah dari pada kebanyakan CPU RISC. Generasi ke 7 CISC x86 chip seperti K7 akan mengejar ketinggalan. Satu pengecualian untuk ini mungkin Alpha EV-6. Mesin tersebut secara keseluruhan dua kali lebih cepat CPU x86 tercepat yang tersedia. Namun biaya untuk chip Alpha sekitar € 20000, bukan sesuatu yang Anda bayarkan untuk sebuah PC rumahan.
5. EPIC

Ancaman terbesar untuk CISC dan RISC adalah sebuah teknologi baru bernama EPIC. EPIC singkatan dari Explicitly Parallel Instruction Computing. Seperti kata paralel sudah mengatakan EPIC dapat mengeksekusi banyak instruksi secara parallel secara bersamaan. EPIC yang dibuat oleh Intel merupakan kombinasi dari keduanya yaitu CISC dan RISC. Dalam teori ini akan memungkinkan pengolahan berbasis Windows serta aplikasi berbasis UNIX oleh CPU yang sama.
Ini tidak akan sampai tahun 2000 sebelum kita bisa melihat chip EPIC. Intel bekerja di bawah kode-nama Merced. Microsoft sudah mengembangkan standar mereka Win64 untuk itu. Seperti namanya, Merced akan menjadi chip 64-bit. Jika arsitektur Intel EPIC berhasil, mungkin thread terbesar untuk RISC. Semua CPU besar memproduksi tetapi Sun dan Motorola kini menjual produk-produk berbasis x86, dan beberapa hanya menunggu Merced untuk keluar (HP, SGI). Karena pasar x86 tidak mungkin bahwa CISC akan segera mati, mungkin RISC yang akan segera menghilang. Jadi masa depan mungkin akan membawa prosesor CISC EPIC dan prosesor jenis lainnya, sedangkan prosesor RISC menjadi punah.
Kesimpulan
Perbedaan antara RISC dan CISC chip semakin kecil dan lebih kecil.. Yang penting adalah seberapa cepat sebuah chip dapat mengeksekusi instruksi yang diberikan dan seberapa baik menjalankan perangkat lunak yang ada. Saat ini, baik RISC dan CISC produsen melakukan segalanya untuk mendapatkan keunggulan pada kompetisi. Masa depan mungkin tidak membawa kemenangan kepada salah satu dari mereka, tetapi membuat keduanya punah. EPIC bisa membuat RISC yang pertama punah dan kemudian diikuti CISC.

0 comments:

Post a Comment

There was an error in this gadget
 
There was an error in this gadget

Anda Pengunjung ke